Pages

Novel Bumi Cinta
Judul buku : Bumi Cinta
Penulis       : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit     : Basmala
Tahun Terbit : 2010
Jumlah halaman : 546 halaman
Harga : 45.000
        Novel Bumi Cinta ini adalah salah satu novel islami karangan habiburrahman el shirazy . Novel yang bersetting musim dingin bersalju hingga awal musim semi yang hangat  ini dibingkai dengan cover yang bagus dan unik. Novel Bumi Cinta sebagaimana novel Kang Abik sebelumnya memang menawarkan sebuah kisah romansa yang sangat indah dengan tetap dibalut nilai-nilai Islami. Novel ini mampu membangunkan jiwa-jiwa terlelap akan kelalaian mensyukuri nikmat Tuhan. Sangat layak dibaca dan dikoleksi.
            Kang Abik,panggilan khas Habiburrahman El Shirazy lahir di Semarang,Jawa Tengah,30 September 1976.Beliau adalah sarjana Universitas Al-Azhar, 2004), Di Atas Sajadah Cinta (telah disinetronkan kairo,Mesir.Kang Abik membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca. Diantara karya-karyanya yang telah beredar dipasaran adalah Ayat-Ayat Cinta (telah dibuat versi filmnyadikenal sebagai da’i, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai dapat Trans TV, 2004), Ketika Cinta Berbuah Surga (2005),Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ketika Cinta Bertasbih 1 (2007),Ketika Cinta Bertasbih 2 (Desember, 2007) dan Dalam Mihrab Cinta(2007). Kini sedang merampungkan Langit Makkah Berwarna Merah,Bidadari Bermata Bening, dan Bulan Madu di Yerussalem.          
            Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda Indonesia bernama Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.Tibalah ia di Rusia dengan disambut oleh teman lamanya David. David inilah yang mencarikan apartemen tempat tinggal untuk Ayyas. Dengan alasan keterbatasan budget yang dimiliki Ayyas dan lokasi apartemen yang strategis ternyata David hanya bisa mendapatkan sebuah apartemen yang berbagi dengan orang lain. Parahnya teman seapartemennya itu adalah dua orang wanita Rusia yang jelita. Serangkaian masalah bagi Ayyas pun bermula dari sini.
Yelena seorang pelacur kelas atas dan Linor seorang pemain biola yang akhirnya diketahui sebagai agen rahasia Mossad adalah 2 wanita yang menjadi teman seapartemen Ayyas. Apartemen yang memiliki 3 kamar ini mengharuskan Ayyas harus selalu berinteraksi dengan keduanya di ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Sungguh ini merupakan godaan keimanan yang dahsyat bagi Ayyas yang mencoba menjaga kesucian dirinya sebagai muslim.
            Godaan bagi Ayyas tidak hanya sampai di situ, dosen pembimbing yang dirujuk oleh dosennya di Delhi tidak bisa melakukan bimbingan ke Ayyas karena sesuatu hal, dia menyerahkan tugas bimbingan ini kepada asistennya. Dan ternyata sang asisten adalah seorang gadis muda jelita bernama Anastasia, seorang penganut kristen ortodoks yang sangat taat.
            Interaksi yang intens sang asisten dengan Ayyas menimbulkan rasa simpati yang lebih di hati Anastasia kepada Ayyas. Ketertarikan itu pun kian hari kian menguat. Di lain pihak Yelena tengah dilanda konflik dengan sang mucikari dan Linor sang agen Mossad tengah menyiapkan rencana jahat kepada Ayyas, yaitu menyiapkan rekayasa fitnah sebuah pengeboman yang diarahkan agar Ayyas sebagai pelakunya.
            Tiga wanita inilah yang mendominasi jalannya kisah dalam Bumi Cinta. Tidak ada konflik yang sedemikian hebat dalam kisah ini sebagaimana kita temui pada sosok Fahri yang sempat masuk penjara di Mesir, atau tokoh Furqon yang sempat terkena virus HIV. Di sini tokoh Ayyas hanya “nyaris” dipenjara karena difitnah melakukan pengeboman di Hotel Metropole oleh Linor.
            Kisah ini juga dilengkapi dengan peristiwa pembantaian Zionis terhadap muslim Palestina di Sabra dan Sathila. Nuansa romansa memang terasa sangat kental di sini. Tiap halaman akan kita jumpai gejolak perasaan Ayyas atas wanita-wanita jelita yang dijumpainya.
            Dalam Novel ini,Kang Abik menampilkan tokoh yang terlalu sempurna di sini. Muhammad Ayyas memang dikisahkan tidak tampan dan juga tidak jelek, namun ia sangatlah cerdas, saleh, tawadhu, memiliki kepekaan sosial yang luar biasa, sangat romantis dan sifat-sifat baik lainnya. Bahkan berkali-kali Ayyas digambarkan menangis akan hal-hal yang ia anggap merupakan dosa atau mendekati dosa.
            Banyak terdapat dialog-dialog yang sangat panjang yang jika kita bayangkan dalam dunia nyata ini akan sangat tidak realistis. Kang Abik dalam hal ini kurang halus dalam menyusupkan nilai-nilai dakwah. Tidak seperti dalam Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, dialog-dialog bermuatan dakwah dalam novel ini ada kesan menggurui dan terlalu berpanjang-panjang.
            Plot cerita terasa sangat datar. Ketika peristiwa pengeboman terjadi saya berharap ini menjadi klimaks cerita tentang kedzaliman yang harus dihadapi Ayyas, namun sayang ini sekali ini tidak kita jumpai. Tokoh Ayyas di sini tidak menghadapi konflik yang berarti alias bahagia-bahagia saja sepanjang cerita.
            Akan tetapi, Bumi Cinta sarat degan muatan dakwah. Kisah romansa berbalut nilai dakwah ini disajikan dengan apik dan asyik untuk dinikmati. kang Abik juga menyelipkan kisah Sabra dan Sathila yang merupakan kisah pembantaian Zionis atas muslim Palestina.
            Kang Abik menggambarkan kota Moskow dengan amat sangat detail, dari lokasi-lokasi strategis, gedung-gedung bersejarah, makanan khas Rusia, metro yang merupakan kebanggaan masyarakat Moskow, gaya hidup masyarakat di sana serta hal lainnya. Semua digambarkan dengan sangat jelas dan detail. Kutipan-kutipan bahasa Rusia juga benar-benar mampu menghanyutkan pembaca seakan benar-benar berada di negeri Rusia.
            Akhir kisah yang menggantung, yaitu ketika Linor ditembak oleh agen Mossad setelah ia berhijrah ke Islam. Hingga halaman terakhir tidak diketahui apakah Linor ini akan mati atau selamat. Terus terang ini sangat membuat penasaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Aku seorang pelajar di sebuah SMA,tepatnya di MAN 03 MALANG. Aku seorang yang sangat gila pada coklat dan keju. Paling gag suka sama orang yang buat aku nunggu dan suka bohongin aku.



ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Labels

Search

sitemeter :)

YM kuu

follow me on twitter

Berbagi makanan. .!!!

thank's Visitors :))

free counters

TIME



Pink Horizontal Stripe Pointer

my playlist =D

Powered By Blogger

my links

Pak Gusty
XI IPA 1
Adhe Aisyah
Ahmad Zakki
Aisyah Pratiwi
Atikah Nadifah F
Fauziatul Firdaus
Himam Adi
Iftitahun Najahah
Jazilatul Firdaus
Ludya Rachmi
Lukman Hakim
Lu'luil maghfuuroh
Anas Hilmy
Novandra
Mega Karunia R
M Fatoni A
M Fatchulul Mubin
Nabila
Nabila Rizki A
Nauval M F
Riza Khairul
Riska Amalia
Riskiyatul Choirot
Yanuriya Yala P.
Zainal Arifin
XI IPA 2
Aditya Setiawan
Ahdan Hilman
Akbar Rio
Aslam Al Bashri
Athiyah Amatillah
Atika Wiji
Aulia Tia
Ayu Budhi C
Ayu Dwi
Dewi Sofiyah
Dinda Irhamna
Dinda Rahmawati
Dyllan
Fina Ulfatu A
Firdaus Amirullah
Ghea Carissa
Iim Mujtahidin
M Bagus Bahtiar
M Fatkhur R
Muhammad Fauzi
Ni'matul Ula
Nurul Qomariyah
Perdana Cendekia
Rachma Yulia F
Risqia Amalia
Robiatul Adawiyah
Rosyidatul fauziyah/a>
Silmy Kaffah
Silvi Imroatul
Syafrian Kamal
Syahrul Ardiansyah
Ummu Chanifatu
XI IPA 3
Achmad Danial
Amira
Adri Suryana
Anzala Sakinah
Ardana Riswari
Arina
Briantono Willy
Celine Rosalia
Dwi Indah P
Ervira
Farah Medina
Fikriya Mujahidin
Fitri Handoko
Hasna Qonita
Himayatul Syarofi
Khoiurur Rozaq
Khoirina Retno P.
Mariyatul Qibtiyah
Merita Nurhayati
Yuda Pradana
M Ibadurrahman
M Ilham
Nindy Blog
Nishfia Nuril I
Rahmita Iftar R
Ratya Safira
Sabrina Awanis
Shivany Amalia
Shiddiq Abdur Rozaq
Tri Riski M
Widyan Rahma
XI IPA 4
Afifah Maya
A Fajar Robi
A Fitroh Al Fauzi
Alifiah Nabilla
Andina Muzayanti
Angelina Putri
Bagas Blog
Aulia Rahma
Aziz fajar
Dian Amalia
Faishal Ausaf
Fitri Asy Syifa
Hanef Nouval
Harisatul Hasanah
Hilda S I
Husnia Ayu
Ijah Blog
Khoiru Anas F
M Iqbal
Mabafasa
M Dwi Nurdiansyah
Nabila Nadirasetya
Nadiah Herawati
Nur Syafira K.
Qonita Permata P
Ratna Ayu
Saiful Rijal
Sayyidati Aqilah
Tsaniyah Nur
Usa Aldhita
Wadid Mujtaba>
Wuladah Nur
Yuniandini Ichsania
Zidni Imanurrohmah
XI IPA 5
Abdul Malik
Aisyah Nur Izzatie
Aji Nur Afifa
Amira
Annisa Lista
Ayu Gumilang
Dahlia Arikha
Dhevi
Esti Kurnia
Fatimah Nadia
Firda Faradila
Fitri Alfia R
Gladis Aros S
Indrapramita Nastiti
Jamilah Aulia
M Dzulfami R
Muchlis Firmansyah
Muhaiminu Nikmawan
M Luthfan Mafazi
M Muflih Isa
Novita Qurrota
Rahma Nur Ilma Rangga N
Restu Nur
Rusydiana
Sandy Ikhsan
Swasty Ayu
Tia Amanda
Vini Zahrotul
Yuanara A
XI MABI
A. Muqorrobin
Ala'ul Fadhilah
Alwan Tafsiri A.
Fatimatuz Zahro
Fithrotul Jannah
Marga Nur Rahmat
M Royhan Rahman
MUHAMMAD AMIN
M Fikri Syuhada'
M Habibi Rahman
M Ja'farus Shodiq
M Luqman Hambali
Nailin Nafis
Qotrunnada F.
Resi Fitritama
Rifqiya Hidayatul M.
Rissa D.
Titin Faiqoh
Wilda Nur R.
Ziinatul Millah
XII Axl
Afif Blog
Eliana Blog
XI IPS
Danar Blog
Nurrohman Hakim
Zidny Fitra Z.
Angga Dwi
Nabila Mondir
Robert Fikri
Bahjah Ayu
Indi Wihdah S
Vista Rossita
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Ai_ssy
Aku seorang pelajar di sebuah SMA,tepatnya di MAN 03 MALANG. Aku seorang yang sangat gila pada coklat dan keju. Paling gag suka sama orang yang buat aku nunggu dan suka bohongin aku.
Lihat profil lengkapku

Slide show~

Followers

My Blog List

Labels